Agar Tak Khawatir Soal Uang


TRIBUNNEWS.COM – Sumber kekhawatiran bisa berasal dari mana saja. Kesehatan, keluarga, karier, juga uang. Meski saat ini kondisi Anda cenderung stabil, dalam pekerjaan maupun pengeluaran, tetap saja kekhawatiran mengenai uang tak terhindarkan.

Kekhawatiran semakin menjadi ketika seseorang kehilangan pekerjaan atau sakit keras.

Kebanyakan orang kemudian meyakini, dengan memiliki semakin banyak uang, ia lebih tenang dan merasa aman. “Kadang orang memandang uang sebagai penebus atas minimnya cinta, perhatian, atau sebagai ukuran harga dirinya, juga menunjukkan kekuasaannya,” jelas Edward Hallowell, MD, penulis buku Worry.

Agar tak lagi khawatir soal uang, adopsi cara Robert Leahy, PhD, penulis buku The Worry Cure, berikut ini.
Kontrol anggaran
Disiplin mengelola uang penting untuk mengatasi kekhawatiran soal uang. Buat anggaran rutin dan pastikan pengeluaran sesuai anggaran yang telah dibuat. Agar pengeluaran tetap terkontrol baik, buatlah catatan berapa jumlah uang yang sudah dibelanjakan. Catat juga berapa jumlah uang yang ditabung. Catatan keuangan ini akan membantu mengingatkan Anda untuk disiplin menggunakan uang.

Jika Anda gagal mencoba cara ini secara mandiri, tak ada salahnya meminta bantuan profesioal, dengan menghubungi perencana keuangan. Profesional ini akan membantu Anda menemukan pola perencanaan keuangan, untuk kemudian Anda aplikasikan mandiri.

Memaknai ulang soal uang
Cobalah memaknai kembali uang bagi Anda. Uang menjadi simbol apa bagi Anda? Apakah uang merepresentasikan stabilitas, kesuksesan, kebanggaan, atau lebih kepada moralitas. Menemukan makna uang akan membantu Anda lebih menghargai nilainya, dan mengurangi kekhawatiran mengenai uang.

Tak perlu membandingkan keadaan
Hindari membandingkan kondisi finansial Anda dengan orang lain. Jangan pernah membandingkan kebahagiaan orang lain yang memiliki kelebihan uang, dengan kondisi Anda. “Sikap seperti ini hanya akan menambah kekhawatian Anda soal uang,” jelas Leahy.

Sumber : http://www.yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: